Laman

Senin, 06 Desember 2010

Tips Dasar Dalam Membuat Blog Atau Situ

Bagi yang ingin membuat situs atau blog agar terkenal atau ingin Belajar Bisnis Online.  Sekarang ingin aku berikan sedikit tips sebelum membuat situs. Ini hanya berdasarkan pengalaman ngeblog juga. Soalnya bisa kamu lihat sendiri bahwa situsku masih acak – acakan kayak gini. Tapi untuk hal dasar ngeblog agar nggak menyesal belakangan seperti aku dulu. Maka akan aku berikan Tips Dasar Dalam Membuat Blog Atau Situs. Berikut tips – tipsnya:
Langkah awal sebelum membuat situs atau blog nggak bisa diremehkan begitu saja. Semua juga akan berpengaruh terhadap niat awal kamu membuat blog, tujuan sampai dengan hasil yang ingin kamu harapkan. Percaya atau tidak tapi itulah yang sebenarnya kamu alami saat selang beberapa bulan sehabis membuat blog. Dulu blog yang aku buat adalah Caraudioservis Suatu blog gratisan dari blogspot yang sekarang sudah lebih dari beberapa bulan bahkan kurang lebih satu tahun aku tinggal. Walau pun pagerank 1 yang melekat tidak hilang tapi rasanya aneh juga kalau harus memeliharanya lagi. Kehabisan topik. :D
Sekarang tips yang ingin aku berikan adalah:
  • Pastikan nama situs atau blog yang ingin kamu buat sesuai dengan tujuan kamu. Kamu bisa memakai nama asli atau pun sesuai dengan tema situs kamu.
  • Tentukan tema situs kamu. Ini juga bisa berkaitan dengan hal yang pertama. Lalu apa fungsi dari tema suatu blog. Suatu blog harus mempunyai tema, paling nggak ini akan membantumu agar kamu nggak kehabisan bahan atau postinga. Ibaratnya begini, kamu pintar soal cinta. Tapi ternyata kamu membuat blog tentang otomotif. Pertama kita biasa saja tapi belakangan kita kebingungan apa yang harus kita posting. Jadi dengan menentukan tema blog bisa membantumu memelihara blog kamu tersebut.
  • Pikirkan masa depan blog kamu. Kalau kamu hanya ingin membuat blog sebagai bahan pembelajaran maka aku sarankan dulu buat di blog gratisan. Ada banyak free blog hosting. Seperti blogger, wordpress, blogetery, blogsome atau pun multiply. Semuanya hampir sudah aku coba semua kecuali blogsome. Untuk tips satu ini aku sarankan di blogger saja atau blogspot. Jika blog kamu ramai dan kamu mendapatkan keuntungan dari blog kamu tersebut. Kamu bisa mengganti nama sub domain untuk blog tersebut.
  • Pikirkan kata kunci yang ingin kamu gunakan. Apa maksudnya ini. Ibaratnya begini. Perhatikan blog punyaku ini. Kenapa di bagian judul blog ini ternyata bernamaBlogger Sragen padahal nama domainnya http://belly-sp.com. Lalu apa kaitannya dengan kata kunci. Kata kunci berkaitan erat dengan mudah atau tidak nama blogmu nanti ditemukan orang lain di mesin cari ( Google ). Sebagai contoh: Kamu ingin blogmu ditemukan penggemarmu. Sementara kamu bernama Roy. Kamu bisa membuat blog dengan judul Roy Blog. Ini akan semakin baik lagi jika kamu juga memakai nama tersebut untuk nama domain atau sub domain milikmu. Sebagai contoh lagi kalau di blogger. Kamu bisa saja membuat dengan nama begini:http://royblog.blogspot.com. Tapi akan lebih keren untuk orang lain bahkan paling bagus lagi buat ditemukan di mesin cari ( Google ). Buat saja alamatnya menjadihttp://Roy.Blogspot.com. Loch, kok malah blognya dihilangkan. Ini bisa dilakukan atau disingkat dengan catatan karena kamu memakai blogspot. Jadi nama blogspot tersebut juga bisa kita pakai. Ingat lagi alamat tadi http://ROY.BLOGspot.com. Sama saja bukan? Tapi berbeda dengan domain, kalau kamu memakai domain tetap saja yang paling bagus adalah http://www.royblog.com Karena kita nggak lagi memakai sub domain dari blogger. Aku harap tips ini mudah dicerna. :D
  • Sedikit demi sedikit silahkan Belajar SEO. Apa itu SEO. Baca saja di sini. kalau sudah kenapa lagi kita harus belajar SEO. Sedikit sharing, dulu aku hanya memikirikan membuat website untuk Pamer. Jujur :D Tapi belakangan aku bingung juga karena nggak ada yang memberikan komentar di blogku. Lalu apa yang salah? Salahku adalah pengunjung yang sedikit nyaris nggak ada. Mungkin hanya teman dekat kita saja. Itu pun kadang malah dianggap remeh. :( Tapi setelah belajar SEO sedikit demi sedikit blog ini mulai kedatangan pengunjung. Banyak komentar juga meski pun ada yang mengkritik tajam. Tapi hargai mereka, karena tanpa mereka kita juga nggak berkembang. Tapi jika ternyata pengunjung banyak komentar sedikit. Belajarlah jadi diri kamu sendiri. Pelajari dan rasakan. Seandainya kamu seorang pengunjung dan membaca artikel di blog kamu. Kamu harus komentar bagaimana terhadap artikel tersebut. Isinya membuat orang ingin memberikan komentar atau tidak juga sangat penting.
Itulah beberapa tips dasar dalam membuat situs atau blog. Karena terlepas dari semua tips di atas pasti ada tips lain yang mungkin saat ini nggak terpikirkan atau mungkin belum aku ketahui sama sekali. Seandainya ada Master yang mau berbagi aku sangat berterima kasih.
Baik, semoga tips ini berguna buat yang ingin belajar membuat blog atau situs. Kurang lebihnya mohon maaf. Semoga bermanfaat. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar